Tahap renovasi bagian depan

Tahap renovasi bagian depan
Tahap renovasi bagian depan

I. Dasar Pemikiran

Masjid merupakan asas utama dan penting bagi pembentukan masyarakat Islam. Oleh karena itu, masyarakat muslim tidak akan terbentuk secara kokoh dan kuat kecuali dengan adanya komitmen terhadap sistem, aqidah, dan tatanan Islam. Hal ini tidak akan dapat ditumbuhkan kecuali melalui semangat masjid. Untuk itu, membangun masjid atau renovasi masjid menjadi kebutuhan yang tidak terhindarkan dari masyarakat muslim, selain sebagai sarana beribadah keberadaannya merupakan simbul bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan masyarakat dalam ukhuwah Islamiyyah.

Walaupun pemerintah telah banyak melaksanakan pembangunan sarana-sarana keagamaan, namun yang diperlukan oleh umat Islam Indonesia masih lebih banyak sehingga perlu meningkatkan pengarahan kemampuannya untuk memungkinkan memenuhi kebutuhan yang mendesak. Dalam pembangunan renovasi masjid ini didorong oleh keinginan luhur dan mulia untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat muslim segala bidang, sesuai dengan tujuan pembangunan Nasional bahwa pembinanaan dan pembangunan mental spiritual dalam rangka mewujudkan tujuan kemerdekaan, yaitu masyarakat yang adil dan makmur yang merata dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Menyadari kenyataan tersebut diatas, maka perlu diadakan usaha-usaha nyata dalam pembinaan iman secara sungguh-sungguh dan berkesinambungan. Selain itu, juga diperlukan usaha-usaha lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan lahir dan bathin umat islam yakni dengan jalan pengerahan dana dan daya umat islam yang berwujud sedekah/amal jariyah secara sukarela, sesuai dan tidak bertentangan dengan ajaran agama islam, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.